INSPIRASI is Magic!

SDN Bareng 2 Kecamatan Sekar Bojonegoro



Thich Nhat Hanh mengatakan:
“Setiap hari kita mendapatkan keajaiban yang tidak kita sadari: langit biru, awan putih, daun hijau, mata seorang anak yang penuh rasa ingin tahu – mata kita sendiri. Semua adalah keajaiban.” 

Saya sepakat. Telah nyata di depan saya keajaiban-keajaiban yang bersemi di atas tanah kering SDN Bareng 2, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Secara geografis, sekolah ini berada di antara bukit gersang dengan tanah yang kasar dan kering akibat tidak adanya aliran air di daerah ini. 

Pohon dan semak turut mengering dan tampak rapuh dengan sesekali berhembus angin yang terasa panas. Keajaiban yang bersemi telah menyulap keadaan geografis di sekolah ini menjadi atmosfer yang sejuk dan menggairahkan. 

Tidak ada yang menciptakan keajaiban ini jika bukan karena mata anak-anak yang penuh rasa ingin tahu dan mata kita sendiri, juga karena hasrat kami semua untuk saling menginspirasi dengan berbagi cerita, pengalaman, pengetahuan, mimpi, dan motivasi dalam Kelas Inspirasi 2 Bojonegoro. 

Anak-anak, kepala sekolah, guru, dan staf begitu hangat menyambut kami. Senyum, sapa, salam, dan jabat tangan menghambur ramah. 

Mereka telah siap untuk melaksanakan upacara, berdiri tegap sesuai dengan barisan masing-masing, dan kami mulai mengikuti upacara dengan khidmat hingga berakhir. Ah , saya masih ingat beberapa anak yang mencuri pandang pada kami dan tersenyum sendiri selama upacara berlangsung, mereka pasti bersemangat dan itu membahagiakan. 

Tidak hanya itu, semangat anak-anak seakan meningkat tanpa batas ketika bermain bersama di lapangan sekolah, mengikuti kelas inspirasi di kelas, hingga jam sekolah berakhir. 

Tidak sedetik pun saya melihat mereka tidak bersemangat atau acuh pada kegiatan yang kami lakukan. Keluguan, kelucuan, dan keantusiasan mereka saat mengenal beragam profesi yang diperkenalkan relawan pengajar menuntun mereka untuk menetapkan impian apa yang ingin mereka capai di masa depan. 

Impian tersebut mereka tulis pada daun-daun yang terhimpun menjadi pohon impian yang akan mereka sirami dengan ketekunan dan semangat belajar untuk masa depan yang mereka inginkan. 

Kelas inspirasi adalah inspirasi untuk semua: anak-anak, guru, staf, kepala sekolah, relawan pengajar, relawan fotografer dan videografer, relawan panitia, dan semua yang terlibat di dalamnya. 

Anak-anak bertambah wawasan dan semangat, guru, staf, kepala sekolah termotivasi untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, relawan mendapat pengalaman dan pembelajaran yang berharga, dan tentunya semua terinspirasi. 

Kelas Inspirasi adalah keajaiban. Kami dipertemukan dalam ruang dan waktu yang tidak kami ketahui sebelumnya, juga dengan siapa yang kami hadapi. Kami tidak saling mengenal sebelumnya, tapi begitulah makna keajaiban di Kelas Inspirasi. 

Kami dipertemukan dengan visi dan misi yang sama untuk saling menginspirasi meskipun masing-masing berasal dari latar belakang yang saling berbeda. 

Kelas Inspirasi hanya berlangsung sehari, tapi kami semua bisa merasakan keajaiban sebuah inspirasi: membuat yang bertekuk muka menjadi ceria, membuat yang minder menjadi percaya diri, membuat yang takut bermimpi menjadi berani mengejar mimpi. Semoga dengan sehari mengajar, selamanya menginspirasi.

Saya berterima kasih pada tim Kelas Inspirasi di SDN Bareng 2, dari relawan panitia, Mbak Ika, Mbak Angel, Mbak Ratna, Mbak Sabil, Mas Idin, Mas Hafit, relawan pengajar, Mas Anif, Mas Anugrah, Mas Bagus, dan relawan fotografer, Mas Tulus, atas waktu untuk saling berbagi wawasan dan pengalaman, serta kekompakan dalam mewujudkan Kelas Inspirasi di SDN Bareng 2. 

Ucapan terima kasih juga saya sampaikan untuk seluruh tim Kelas Inspirasi 2 Bojonegoro. Meskipun pertemuan sangat singkat, namun saya belajar banyak hal. Semoga kita selalu diberi kesehatan untuk terus menginspirasi!


oleh:

Azka Sadida

(Fresh Graduate - Sarjana Pendidikan Biologi, Relawan Panitia Kelas Inspirasi Bojonegoro #2)

0 $type={blogger}:

Posting Komentar

INSTAGRAM POST